Tuesday 2 December 2014

Banyak Kartu di Hari Guru

Hari Guru Nasional kerap diperingati bersama dengan HUT PGRI, yakni tanggal 25 November. Pada tanggal tersebut biasanya diadakan upacara peringatan hari guru. Ada pula sekolah yang mengadakan acara peringatan Hari Guru di sekolah, dengan upacara, happening art, atau sesi khusus pemberian 'hadiah' oleh siswa/i kepada Bapak & Ibu Guru.

Pada tahun pelajaran 2014/2015 ini, saya mengampu mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VIII yang notabene menggunakan Kurikulum 2013. Dalam silabus terdapat Kompetensi Dasar (dari Kompetensi Inti 3 & 4) mengenai memahami & menyusun teks undangan (invitation card) dan kartu ucapan (greeting card).
3.4. Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.5. Menyusun teks tulis undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Setelah tujuan pembelajaran dengan kompetensi membaca & menulis tercapai, saya merencanakan sebuah tugas bagi siswa/i untuk membuat sebuah greeting card untuk guru tentang Teacher's Day. Saat memberikan tugas, saya menginstruksikan siswa/i untuk menujukan kartu tersebut pada satu guru favoritnya, khususnya yang mengajar di kelas mereka pada semester tersebut. Greeting card tersebut terlebih dahulu dikumpulkan, diperiksa dan diberi feedbcak oleh saya, lantas tepat tanggal 25 November diberikan oleh siswa/i kepada guru-guru yang tertera dalam kartu mereka.
Beberapa minggu berlalu, akhirnya tibalah tanggal 25 November. Merupakan sebuah hal yang tidak sengaja, saya baru sempat membagikan greeting card buatan siswa/i tepat pada tanggal 25, tepat saat saya mengajar di kelas mereka. Setelah saya memaparkan koreksi & catatan terhadap greeting card kepada siswa/i, tibalah saatnya mereka memberikannya pada guru favoritnya. 

Dari situ terlihat siapa saja guru yang memiliki kesan khusus di hati para siswa/i sehingga mendorong mereka membuat greeting card bagi guru kesayangannya tersebut. Namun, hal ini sekaligus menjadi kekurangan dalam pemberian tugas dari saya kali ini, karena tidak semua guru mendapatkan greeting card. Semoga tidak ada guru yang merasa cemburu...hehe, kalaupun ada mungkin juga tidak disampaikan secara langsung. Ke depannya, jika masih berkesempatan memberikan tugas semacam ini, saya berencana mengusahakan agar semua guru bisa mendapat greeting card dari siswa/i. Karena sesungguhnya semua guru di sekolah mereka adalah pahlawan bagi anak didiknya, dan semua guru memiliki jasa bagi mereka.

Selepas 'pembagian' greeting card, ada guru yang menyampaikan kesannya langsung pada saya. Ada yang terharu karna mendapat kartu ucapan dari salah satu anak yang terpandai dan berakhlak mulia, ada yang bertanya bagaimana guru yang tidak mendapat ucapan, atau yang paling hebooh ada yang langsung mengumpulkan, memfoto dan menguploadnya ke media sosial. Teteeuuppp yaaa ^o^



Selain sebagai apresiasi terhadap Hari Guru, greeting card karya siswa/i ini dapat memberikan semangat tersendiri bagi guru. Semoga 'hadiah' kecil dari para siswa ini dapat memotivasi kreativitas dan inovasi guru dalam mengajar, agar lebih dicintai oleh siswa/i.

Taken from this site
Oya, ide tugas membuat greeting card ini juga ternyata dilakukan oleh guru senior lain, seperti yang saya lihat di grup facebook Ikatan Guru Indonesia (IGI) ini.


 

Akhirul kalam, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Guru bagi seluruh guru yang dengan tulusnya mendidik anak bangsa agar menjadi generasi berguna dengan akhlak nan mulia. Terima kasih guru-guruku, dan selamat berjuang kawan-kawan guru, semoga Allah mencatat amal baik kita untuk memperberat timbangan kebaikan kita di akhirat kelak. Aamiin.

Taken from this site


*Sebuah tulisan yang telat disusun dan dipublikasikan. Tepat sepekan setelah Hari Guru*

No comments:

Post a Comment