Tuesday 16 June 2015

Nastar Perdanaku

Di mata saya, nastar tampak bagai kue wajib pada tiap hari raya Idul Fitri. Bagaimana tidak? Hampir setiap rumah yang saya kunjungi saat lebaran memajang kue tersebut di meja tamu. Namun sejujurnya selama ini saya pribadi kurang menyukai kue nastar karena tekstur kue yang sering saya temui cenderung keras sehingga membuat tenggorokan agar seret bila memakannya dalam jumlah banyak. Maka dari itu, saya jarang membeli kue tersebut dan menghidangkannya untuk tamu. Tidak pernah terbayang pula akan sengaja membuat kue nastar untuk keluarga (hehe, ini antara memang belum tau cara, belum bisa dan malas mencoba membuatnya).

Namun beberapa hari lalu suami memberi tahu bahwa ibu mertua akan membuat kue nastar setelah bertahun-tahun tak pernah membuatnya. Oke saya pun berniat dan berencana membantu ibu. Pada obrolan awal dengan ibu sebelum mulai membuat kue, saya baru tahu bahwa ternyata suami yang minta ibu untuk membuat nastar sembari mengajari saya membuatnya. Ya, tujuan utamanya agar saya bisa belajar membuat nastar, karena suami termasuk pada golongan yang menganggap nastar adalah kue wajib saat lebaran. Hueheheee, mantep bener dah aahh strateginya suamiku ini. 

Alhasil, kami -saya, suami, ibu dan ayah- membuat kue nastar. Hasilnyaaa...luaaarr biasaaa bedanya, bentuknya tak seperti nastar pada umunya, ada yang besar dan kecil pula. Namun soal rasaaa, jangan ditanyaaa...lebih lembut daripada nastar-nastar yang pernah saya coba sebelumnya. Sekali coba pun saya jadi mulai menyukai nastar, hehe. Nah resepnya -ala ibu mertua- saya tulis di sini, biar bisa nyontek kalau lupa saat lain waktu ingin membuatnya lagi :)

Bahan


Bahan kue nastar terbagi menjadi bahan untuk kue dan selai.

A. Bahan kue
  1. Telur 1/2 kg
  2. Tepung terigu 1/2 kg
  3. Mentega 1/2 kg
B. Bahan selai
  1. Nanas 2 buah
  2. Gula pasir 400 gr
  3. Garam secukupnya

Alat


  1. Wadah untuk adonan
  2. Blender
  3. Mixer
  4. Kuas kecil
  5. Loyang kue
  6. Oven

Cara Membuat


  1. Membuat selai: kupas dan cuci nanas. Potong dadu, lalu blender. Masukkan gula pasir dan garam ke dalam nanas yang telah dihaluskan. Masak dengan api sedang hingga air nanas habis dan adonan menjadi kental seperti selai.
  2. Campurkan 6 kuning telur, mentega dan sedikit terigu hingga halus. Tambahkan terigu, campurkan pada adonan hingga menjadi kalis.
  3. Ambil adonan sedikit demi sedikit, pipihkan, masukkan selai dan bentuk adonan sesuai selera. 
  4. Olesi adonan kue yang telah dibentuk dengan kuning telur.
  5. Panggang hingga matang.

Kue nastar akhirnya siap dinikmati bersama seluruh anggota keluarga. Eksekusi pembuatan kue nastar perdana telah dilaksanakan dengan lancar. Hasilnya memang belum memuaskan, namun buat saya sih lumayan laahh buat pemula seperti saya, hehe. Terima kasih suamiku atas ide 'iseng'nya, juga ibu dan ayah yang telah memandu dan membantu proses pembuatan kue nastar ini. Daaannn inilah penampakan kue nastar perdanaku ^_^

Aslinya ini hasil cetakan 3 tangan - saya, suami, dan ibu :)

No comments:

Post a Comment