Sunday 24 June 2012

It's Holiday !

Bismillah.

Here comes the holiday time!

Liburan sekolah telah tiba. Saatnya para siswa, orang tua, dan bahkan guru-guru di sekolah rehat sejenak dari padatnya aktifitas sekolah. Anak-anak, dengan segala keunikannya, pasti tidak sabar menanti waktu liburan dan aktifitas selama waktu tersebut. Nah, saatnya menggunakan waktu liburan sebaik-baiknya demi mendapat 'kesegaran' juga segudang manfaat. Mari kita list satu per satu rencana liburan yang bisa dilakukan bersama keluarga...

1) Belajar Bersama


Saat liburan, bukan berarti libur belajar. Liburan bisa menjadi waktu belajar yang lebih menyenangkan, terutama bila dilakukan oleh seluruh keluarga, tentunya dengan konsep belajar yang tidak 'resmi' seperti di sekolah.
Bila sang anak belum lancar membaca Al-Qur'an, inilah saat yang tepat untuk mengajaknya berlatih membaca Al-Qur'an. Buat agenda satu jam sehari untuk berlatih membaca. Dengan melakukan agenda ini dengan konsisten, insyaalloh akan ada kemajuan sehingga anak mendapat keuntungan besar yakni bisa lancar membaca Al-Qur'an.
Cara belajarnya bisa disesuaikan dengan mood anak, misal dengan memperlihatkan tulisan arab dengan berbagai warna, belajar di taman yang kondusif, atau menyetelkan murottal agar anak bisa mendengar langsung cara membaca Al-Qur'an yang baik dan benar.
Selain itu, memasak, berkebun, atau membuat pernak-pernik hiasan kerajinan tangan adalah beberapa contoh kegiatan lain yang bisa dilakukan seluruh keluarga saat liburan. Khususnya anak-anak punya kesempatan untuk belajar dan berkarya, menghabiskan waktu lebih dekat dan lama dengan keluarga, serta mengembangkan kreatifitas.
Keuntungan lain terutama bagi anak adalah belajar untuk berani mencoba, melatih kepercayaan diri dan keberanian untuk melakukan sesuatu, melatih kesiapan untuk memutuskan sesuatu, serta merasa mendapat kepercayaan dan dihargai. Pengetahuan tentang masakan, tanaman, atau yang lainnya pun menjadi keuntungan lain yang bisa didapat si anak.
Di sisi lain, orang tua bisa 'membiarkan' anak-anaknya untuk mencoba hal yang baru, melihat minat serta bakat anak, menjalin kedekatan emosional dengan anak, serta menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Belajar Memasak
Belajar Berkebun

2) Jalan-jalan & Napak Tilas 


Ya, jalan-jalan tak melulu hanya buang-buang waktu dan uang, jika jelas tujuannya dan tepat pilihan tempatnya. Yang pasti, hindari mengunjungi mall saat liburan. Kunjungilah tempat lain yang jarang bisa dikunjungi di luar waktu liburan. Misal masjid-masjid bersejarah, museum, kawasan wisata alam, kebun binatang, dan sebagainya (e.g., Masjid Istiqlal, TMII, Wisata Alam). Dengan mengunjungi tempat semacam itu, anak punya kesempatan untuk mengenal Alloh lewat ciptaanNya, mensyukuri nikmat yang diberikanNya, mengenal lebih dekat lingkungan dan cara menjaganya, serta mendapat cerita unik dan melihat langsung peninggalan sejarah & benda-benda yang mungkin selama ini hanya mereka lihat dari buku.
Destinasi 'jalan-jalan' lain yang punya segudang manfaat adalah toko buku. Yap, dekatkan anak dengan buku berarti mengajak mereka menjelajah dunia. Biarkan anak memilih buku-buku yang disenanginya, tentu dengan pengawasan dan penyeleksian terhadap isi dan manfaat buku tersebut. Liburan kali ini, Jakarta Book Fair siap menjadi alternatif tujuan liburan kita :)
Setelah jalan-jalan, dijamin penat akan hilang, semangat kembali datang, dan tentunya pengetahuan akan bertambah. Insyaalloh.

3) Travel Alone


Ide ini merupakan alernatif kegiatan liburan dari sini dengan tujuan melatih kepercayaan diri dan kemandirian anak. Idenya bagus, patut dicoba, tentu dengan penyesuaian konsep dan destinasi yang lebih tepat dan pas dengan kondisi kita. Intinya, tujuan utama bisa tercapai.
Travel alone bisa juga dilakukan dengan konsep post to post, misal ayah dan ibu menunggu di pos-pos berbeda, sang anak diberi clue jelas tentang pos tujuan dan menuju pos seorang diri. Pilih tempat yang kondusif dan aman bagi seluruh keluarga terutama sang anak.

4) Kerja Bakti


Nah, kegiatan liburan ini cukup dilakukan di rumah, misal sebelum mengajak seluruh keluarga ke destinasi liburan lain di luar rumah. Membersihkan rumah, menata kamar, merapikan tanaman adalah beberapa kegiatan yang dapat mengajarkan dan membiasakan anak untuk 'bekerja' di rumah sekaligus menjadikan rumah lebih rapi dan nyaman. Ajak anak untuk menentukan tatanan ruangan yang nyaman atau warna dinding yang terlihat manis. Dengan begini, anak akan dapat tambahan rasa nyaman karena dipercaya oleh orang tua karena idenya 'didengar'. Selain itu, seluruh anggota keluarga bisa merasakan badan lebih sehat dengan berkeringat dan bergerak sepanjang hari.


Itulah beberapa alternatif kegiatan liburan yang bisa mulai diagendakan untuk mengisi waktu liburan kita kali ini. Semoga kita bisa kembali fresh dan lebih bersemangat saat liburan usai. Juga, anak-anak bisa mendapat pengalaman liburan paling menyenangkan bersama seluruh keluarga.

Have a nice holiday! :)

Alhamdulillah.

No comments:

Post a Comment