Friday 26 October 2012

Menjadi Manajer yang Efektif

Tulisan singkat berikut ini merupakan hasil membaca singkat sebuah Buku Saku untuk Manager ketika saya bermain-main di TB Gramedia, Matraman-Jakpus kemarin. Sayangnya, saya lupa mencatat nama penulis buku tersebut sehingga belum dapat memberi kredit atas ilmu yang saya dapat dari buku saku tersebut. Ilmu singkat dalam buku tersebut dikemas secara ringkas dan menarik, sehingga mendorong saya untuk membaginya di sini.

Ini adalah tentang prinsip utama sekaligus tips dalam perjalanan peran bagi seorang manajer. Hmm manajer di sini bersifat umum dan tidak terkhususkan untuk seorang manajer perusahaan saja. So, manajer sekolah pun termasuk sasaran tips berikut. Singkatnya, ada enam prinsip sekaligus tips menjadi manajer efektif:

1. Menentukan Tujuan dan Strategi

Ya, tugas awal manajer adalah menjadi goal determiner atau penentu tujuan sekaligus penentu rencana strategis untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Membagi Tugas

Setelah tujuan, target dan strategi ditetapkan, seorang manajer yang efektif tidak mengerjakan semua rencana tersebut seorang diri, melainkan menunjuk orang-orang yang tepat sebagai partner kerja (sebut saja bawahan) dan membagi tugas sesuai kemampuan masing-masing orang tersebut.

3. Menyampaikan Instruksi

Pembagian tugas kepada partner-partner kerja dilanjutkan dengan pemberian instruksi. Seorang manajer yang efektif akan menyampaikan instruksi dengan sangat jelas dan memastikan partnernya memahami instruksi tersebut sebelum mulai menjalankan tugasnya.

4. Memberikan Follow Up

Rangkaian tugas manajer dalam proses mencapai tujuan tidak berhenti sampai pemberian instruksi. Yang lebih penting, tindak lanjut atas pembagian tugas serta pemberian instruksi tersebut, yakni pemantauan kinerja partner kerja maupun evaluasi yang dilakukan secara kontinyu. Pemantauan dan penilaian seorang manajer ini akan menjadi bekal penting bagi keberhasilan pencapaian tujuan.

Selain itu, tindak lanjut dalam hal ini dapat juga mengacu pada respon manajer atas problem, saran, ataupun keluhan yang dihadapi partner kerja, Seorang manajer yang efektif akan berusaha menindaklanjuti hal-hal tersebut dengan segera.

5. Memberi Bantuan

Terkait dengan poin sebelumnya, manajer yang efektif akan segera memberi bantuan atas keluhan, kesulitan dan masalah para partner kerjanya dalam menjalankan tugas sehingga tidak menghambat proses pencapaian tujuan.

6. Problem Solver

Seorang manajer yang efektif memiliki keahlian untuk memecahkan beragam masalah dan rintangan yang menghadang. Tentu, tidak selalu hal ini dilakukannya sendiri. Manajer pun membutuhkan partner-partner kerja untuk berdiskusi dan mencari solusi atas masalah yang dihadapi. Namun, kendali pemecahan masalah selalu ada di tangan manajer (yang efektif).

1 comment: