Friday 28 December 2012

Belajar yang Efektif


Horreee, libur tlah tiba!! Saatnya rehat sejenak dari hiruk pikuk kegiatan sekolah. Ini saatnya gunakan waktu untuk mendapat penyegaran, supaya saat semester Genap tiba sudah siap kembali menjalani kegiatan di sekolah.

Nah, menyambut semester baru yang sebentar lagi datang, mari siapkan diri untuk belajar dengan lebih baik dan efektif. Caranya?? Silakan baca tulisan berikut.

Berikut ini beberapa tips belajar efektif (dari banyak tips beraneka ragam yang bisa dicari dari berbagai sumber).

Belajar dari Siswa yang Sukses

Iri sama teman yang sukses di sekolah, lebih pintar dan selalu dapat nilai bagus? Jangan cuma iri, coba cari tahu kebiasaan baik dan strategi belajar mereka, lalu coba praktikkan yang sesuai dengan kemampuan. Sebagian besar sifat & sikap yang dimiliki anak 'sukses' antara lain:

1) TERAPI (TEratur & RAPI)

Kalau diperhatikan, anak-anak 'sukses' punya kebiasaan yang rapi & tertata, dalam segala hal. Misalnya dari yang paling sederhana yakni peletakan alat & bahan belajar, sehingga membuat mereka nyaman saat belajar dan mudah mencari sesuatu yang dibutuhkan saat belajar. Contoh lain adalah teratur & rapi dalam mencatat jadwal dan info-info penting seperti daftar tugas, rangkuman mata pelajaran, atau kisi-kisi ulangan. 

2) GIGIH

Bisa juga dibilang tekun, terus berusaha dengan usaha terbaik setiap waktu. Kegigihan yang terus dilakukan, yang istiqomah, akan membuahkan hasil, walau kadang kurang signifikan. Yang pasti, keep doing your best and Allah will do the rest. Usaha, do'a, tawakal.

3) BERPIKIR POSITIF

Ciri anak 'sukses' adalah berpikir positif, bahwa IA BISA atau HARUS BISA! Pikiran positif tersebut akan mendorong semangat dan kegigihan untuk mencapai prestasi. Hindari juga frasa-frasa negatif, misal I can't, I'm bored, I'm lazy, dsb.

Gunakan Strategi Belajar

Strategi-strategi belajar sederhana yang bisa diterapkan saat belajar antara lain:

1) KEYWORD

Khususnya saat mencatat atau menandai bahan pelajaran, berikan kata kunci yang mudah diingat. Misal, present tense digunakan untuk menyatakan kegiatan yang berulang atau kebenaran umum. Nah, bisa dipilih kata kunci untuk present tense adalah 'berulang'.

2) KATA yang ANEH/UNIK

Kata yang aneh atau unik cenderung lebih mudah diingat. Jika demikian, kata-kata tersebut memudahkan kita saat belajar dan mengingat informasi. Cara membuat sebuah kata aneh/unik adalah dengan Mneumonic Device (Jembatan Keledai), yakni membuat singkatan dari kata-kata atau frasa. Contoh paling sederhana yang mungkin terus kita ingat sejak SD adalah warna-warna pelangi: MEJIKUHIBINIU (MErah, JIngga, KUning, HIjau, BIru, NIla, Ungu). Bahkan sampai jenjang pendidikan yang lebih tinggi pun kita mudah menyebutkan warna-warna pelangi, dengan bantuan mneumonic device tersebut.

3) WARNA & GAMBAR

Otak kita lebih mudah menangkap dan mengingat informasi yang disajikan dalam bentuk gambar atau dengan warna-warna yang menarik. Sebuah gambar akan lebih menarik, membuat kita tetap fokus, dan membantu meningkatkan konsentrasi, sedangkan warna lebih menarik bagi kita, juga otak kita (Tony Buzan, Buku Pintar Mind Map). Contoh sederhananya adalah menandai informasi penting dengan warna-warna menarik.

Selain itu, gambar dan warna tersebut dapat dituangkan dalam Mind Map (bisa lihat di sini) untuk menjadikan catatan atau rangkuman kita lebih menarik. Tapi, jangan cuma dipandangi ya karena saking menariknya. Coba dibaca, pahami, atau bahkan tuliskan lagi dalam paragraf dengan kata-kata sendiri. Cara ini akan membantu kita menyerap dan mengingat informasi lebih lama.
Mind Map




Belajar untuk Sukses, Sukses dalam Belajar!

Sikap dan kebiasaan baik dalam belajar akan membantu kita mencapai sukses dalam belajar. Berikut diantaranya yang perlu diperhatikan:

1) MOTIVASI

Motivasi atau dorongan terdiri dari dua macam, yakni motivasi dari dalam dan dari luar. Internal motivation berasal dari dalam diri seorang anak yang bercita-cita untuk sukses, sedangkan external motivation adalah motivasi lain dari luar diri anak, misal orang tua yang akan membelikan sepeda baru jika naik kelas, hadiah beasiswa jika memenangkan sebuah kompetisi, dsb. Nah, motivasi ini penting dalam belajar, karena akan mempengaruhi besarnya kegigihan seorang anak dalam belajar. Coba tanyakan, apa motivasimu belajar setiap hari??

2) KONSENTRASI

Konsentrasi, fokus pada tujuan dan subjek yang dipelajari. Yak, dengan konsentrasi, informasi akan diserap dan disimpan lebih lama sehingga mudah untuk 'dipanggil' kembali. Konsentrasi juga berari abaikan gangguan-gangguan dari sekitar yang bisa menghilangkan kefokusan. Salah satu caranya akan dibahas pada poin selanjutnya.

3) LINGKUNGAN PAS

Lingkungan yang dipilih saat belajar mempengaruhi tingkat konsentrasi, lho. Yang perlu diperhatikan adalah waktu dan tempat. Coba kenali waktu dan tempat yang pas untuk kita belajar. Di kamar kah, di perpustakaan kah, pada pagi hari, atau malam hari. Pilihlah tempat & waktu yang jauh dari keramaian & gangguan (terutama jika sulit berkonstrasi jika ada kebisingan).

4) MANAJEMEN WAKTU

Untuk membantu, buatlah jadwal harian, daftar tugas & waktu mengerjakannya, daftar ulangan & waktu belajar, dsb. Bagi waktu yang tersedia untuk kepentingan-kepentingan yang baik, khususnya belajar. Oya, buat juga skala prioritas kegiatan. Utamakan kegiatan/jadwal yang penting (tidak bisa diwakilkan) dan genting (tidak bisa ditunda). Ingat, jika anak-anak lain bisa sukses dengan memiliki waktu 24 jam sehari, kita juga HARUS SUKSES, karena jatah waktu kita sama dengan mereka.


* SEKIAN *


(Disalin dari catatan Mata Kuliah "Study Skills" yang diampu Pak Muchlas Suseno)

No comments:

Post a Comment