Sunday 21 June 2015

[Resensi] Mimpi Bertemu Nabi

Identitas Buku

Judul: Mimpi Bertemu Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam
Penulis: Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA.
Penerbit: Rumah Ilmu
Tebal: 92 halaman 
Jenis Cover: Soft Cover
Jenis Kertas (Isi): Book Paper
Harga: Rp. 17.000,-
Dimensi: 13 x 20 cm


Ulasan Buku

Sebagai umat muslim, selayaknya kita menjadikan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam sebagai idola dan panutan sepanjang masa. Beliau adalah sebaik-baik manusia yang membawa pesan agama serta mempraktikannya langsung dengan sempurna. Kesalahan yang dibuatnya mendapat teguran langsung dari PenciptaNya, Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang tertuang dalam firmanNya dalam Al-Qur'an. 

Mengenal kepribadian dan sejarah kehidupan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menjadi penting karena rasa cinta dapat semakin tumbuh tatkala umat muslim telah mengenal Rasulnya. Bagai pepatah yang terkenal, "tak kenal maka tak sayang". Rasa cinta terhadap Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam pula yang bisa mendorong kita untuk mengenalnya melalui berbagai literatur yang dapat ditemui di sekitar kita.

Namun diantara umat muslim, ada yang belum berkesempatan mengenal dengan baik sifat, akhlak, perjuangan, atau ilmu dari rasul paling mulia, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Ada yang mengaku cinta, tapi tak kenal dengan kehidupan Beliau. Herannya, ada yang mengaku pernah bertemu dengan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam dalam mimpinya, sedang mereka tak paham rupa wajah Beliau. Bahkan sebagian sahabat tak bisa menggambarkan dengan spesifik wajah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, karena mereka dahulu tidak leluasa memandang Beliau, saking hormatnya kepada sang Rasul yang mulia. Mimpi bertemu Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam itu bisa jadi merupakan perbuatan syaitan untuk menggoda umat muslim.

Buku "Mimpi Bertemu Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam" ditulis dengan tujuan memudahkan umat muslim untuk mengenal perawakan dan akhlak Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Buku mungil ini memuat ringkasan sirah nabawiyah yang meliputi ulasan mengenai kelahiran, rupa & perawakan, sifat & akhlak, keluarga, hingga saat wafatnya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. 

Pemaparan dalam buku ini dituangkan melalui bahasa yang ringan sehingga mudah dipahami pembaca. Selain itu, poin-poin pembahasan dituangkan secara spesifik sehingga memudahkan pembaca untuk mengingat isi buku tersebut. Pada setiap poin pembahasan, penulis selalu menyertakan sumber-sumber yang kuat, yakni ayat-ayat Al-Qur'an dan berbagai Hadis shahih dan hasan sehingga pembaca Insya Allah tidak perlu meragukan kebenaran tulisan tersebut.

Buku ini cocok bagi semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa. Namun, bagi pembaca yang memerlukan sejarah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam secara lengkap, buku ini belumlah cocok karena pembahasannya yang singkat dan sangat to the point. Alangkah baiknya bila buku ini dijadikan sebagai tahap awal memahami sirah nabawiyah, dengan didampingi buku lain yang menjelaskan sejarah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam dengan lebih lengkap.


Sumber:

2 comments:

  1. Wah, aku belum banyak tahu tentang syirah nabawiyah. Tapi, buku ini harus kubaca juga...

    Btw, Mak Dessy, aku udah follow blognya, folbek blog www.niaharyanto.com dong. Hehehe... fakir follower nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iyaa Mak, harus banyak baca..saya juga masih belajar & banyak yg belum tahu.

      Siap Mak...terima kasih atas kunjungannya yaa :)

      Delete