Wednesday, 26 August 2015

Adab Menggunakan Handphone

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah. Puji syukur senantiasa kita ucapkan pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala atas kemudahan yang diberikan dalam setiap aktivitas kita.

Salah satu bentuk kemudahan yang Allah berikan pada kita berupa kemajuan ilmu pengetahuan & teknologi, yang hasilnya dapat menunjang berbagai aktivitas, salah satunya komunikasi. Seiring perkembangan iptek, alat komunikasi telepon seluler (handphone/phone cell) bagai menjadi kebutuhan primer bagi sebagian masyarakat. Kemudahan penggunaan benda mungil tersebut untuk berkomunikasi dengan sanak famili, rekan kerja, maupun kawan lama semakin menarik perhatian masyarakat. Apalagi kini berbagai fitur telah digabungkan di dalamnya: kamera, radio, music player, GPS, bahkan alat deteksi kesehatan. Sehingga kini kemanapun pergi, handphone menjadi barang yang wajib dibawa; sebaliknya akan menimbulkan kepanikan bila tak sengajar tertinggal atau bahkan hilang.

Diambil dari sini
Penggunaan handphone sebagai alat komunikasi dan lainnya seyogyanya diperhatikan agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Di sini saya akan sampaikan adab menggunakan handphone yang disampaikan oleh Ust. Kurnaedi, Lc. dilihat dari fungsi utamanya sebagai alat komunikasi. Semoga bermanfaat.

1. Menggunakan HP bukan untuk maksiat
Peringatan pertama dalam penggunaan HP adalah menjauhkannya dari hal-hal yang tidak bermanfaat apalagi berdosa, semisal melihat gambar/video yang tidak pantas, menyebar kebohongan, atau menipu orang.
Dengan menghindari penggunaan HP untuk berbuat dosa, sesugguhnya kita telah menjauhkannya dari murka Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

2. Memulai pembicaraan dengan salam
Saat melakukan komunikasi lisan maupun tertulis, hendaknya diawali dengan salam, apalagi bila dilakukan dengan sesama muslim. Terkhusus untuk salam yang ditulis dalam pesan, hendaknya ditulis secara lengkap tanpa disingkat, khawatir akan memiliki makna yang berbeda.

3. Jangan berlebih-lebihan
Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan sesungguhnya tidaklah baik, begitu juga dalam penggunaan HP. Berlebihan di sini dapat mencakup penggunaan HP itu sendiri, misal dipakai terus menerus sehingga HP tidak awet juga penggunaan pulsa sehingga menyebabkan boros. Gunakan HP sesuai kebutuhan, sesuai tempat agar tak menyebabkan kerugian bagi diri kita maupun orang lain.

Contoh penggunaan HP yang tidak sesuai tempat, diambil dari sini
Selain itu, penggunaan HP dalam waktu yang berlebihan memiliki kemungkinan besar akan melalaikan kita dari kewajiban dan tugas-tugas lain, misal terlambat menunaikan shalat, lalai dalam mengurus anak, tidak memedulikan orang di sekitar kita, dsb. Sungguh kerugian yang akan didapat bila kita mengalaminya.

4. Jangan memakai ayat Al-Qur'an sebagai nada dering
Alasannya, saat HP berdering sejatinya kita akan segera menyambut pesan dan telepon sehingga nada dering pun terputus. Bila nada dering yang digunakan berupa ayat Al-Qur'an, dan terputus bukan pada akhir kata/ayat, khawatir memengaruhi maknanya. Maka lebih aman bila nada dering HP kita bukanlah rekaman yang berhubungan dengan ayat Al-Qur'an dan semacamnya.

5. Jadikan sarana kebaikan untuk mendekatkan diri kepada Allah
Inilah sesungguhnya cara terbaik yang dapat dilakukan melalui alat canggih bernama HP agar bermanfaat bagi diri kita dan orang lain. Sebagai sarana kebaikan, HP dapat menjadi penghubung kita dan keluarga untuk mempererat silaturahim, menambah ilmu agama dengan fitur internet/pesan instan/rekaman/gambar/video, menyebarkan ilmu/informasi bermanfaat yang sahih sumber dan kebenarannya, juga untuk turut mengajak orang lain pada ketaatan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala .


Itulah diantara adab menggunakan HP yang saya rangkum dari untaian kata mutiara singkat. Mungkin isinya terkesan sepele, namun pernuh makna sehingga saya sampaikan kembali di sini, dengan tujuan mengingatkan pada kebaikan, untuk diri saya yang terkadang masih lalai dalam penggunaan HP, juga untuk orang lain yang membacanya.

2 comments:

  1. NO 4 itu baru kepikiran sekarang. Makasih ya infonya. BEner banget

    ReplyDelete