Sunday 23 August 2015

Es Sirup Lidah Buaya

Manfaat & Efek Samping Lidah Buaya

Sejak kecil dan masih tinggal di kawasan Cimanggis, di pekarangan rumah terdapat cukup banyak tanaman lidah buaya. Berawal dari mama yang menanam, makin lama makin banyak jumlah lidah buaya yang tumbuh. Begitu juga ketika kami tinggal di Tambun -hingga kini-  mama mulai kembali menanam lidah buaya. Tanpa perawatan yang njelimet, lidah buaya kembali tumbuh subur dan semakin banyak saja jumlahnya. Bahkan kini salah satu pot plastik tempat sang lidah buaya tumbuh sudah meleyot gegara ukuran tanaman bernama latin Aloe vera atau Aloe barbadensis Milleer ini semakin besar.


Sewaktu kecil, saya tahu bahwa lidah buaya bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala. Selain karena melihat iklan shampo di tv yang berbahan utama lidah buaya, saya pun pernah merasakan manfaatnya. Dulu mama dengan rajin memetik dan mengupas kulit lidah buaya lalu menggosok-gosokkan daging lidah buaya di kulit kepala saya, sore hari sebelum mandi, beberapa kali dalam seminggu. Lalu perawatan sederhana itu dilanjutkan dengan keramas setelah diolesi lidah buaya. Hasilnya? Rambu saya yang tadinya tipiiis sekali tumbuh lebih banyak & kulit kepala tidak lagi gatal & berketombe.

Ternyata, manfaat lidah buaya tidak terbatas untuk kesehatan rambut saja. Sebut saja ada manfaat lain untuk kesehatan tubuh dan kulit. Manfaat.co.id merangkum manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh, rambut, dan kulit.

Manfaat untuk Kesehatan

Lidah buaya bermanfaat antara lain dalam proses alkalisasi tubuh (proses menjaga keasaman tubuh), untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, detoksifikasi, penurunan berat badan karena lidah buaya dapat membantu melancarkan pencernaan, bermanfaat untuk menyehatkan jantung, sebagai sumber asam amino, mengurangi dan meredakan peradangan, membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh, serta sebagai sumber vitamin & mineral.

Manfaat untuk Kesehatan Rambut

Seperti yang saya sampaikan di awal tentang pengalaman sewaktu kecil menggunakan lidah buaya untuk merawat kulit kepala, ternyata lidah buaya memang dikenal luas memiliki manfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, meringankan gatal dan kekeringan pada kulit kepala, anti peradangan untuk kulit kepala, mengurangi ketombe, untuk conditioning atau pendingin bagi kulit kepala, serta mencegah rambut rontok.

Manfaat untuk Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit juga dapat dirawat dengan lidah buaya. Manfaatnya untuk kulit antara lain untuk melindungi dari sengatan sinar matahari karena gel lidah buaya dapat memberi kelembaban pada kulit, sebagai pelembab alami untuk kulit sebelum bermake-up, mencegah penuaan dini, serta serta mengurangi stretch mark.

Efek Samping Lidah Buaya

Namun dibalik sejuta manfaat di atas, lidah buaya juga memiliki efek samping bila dikonsumsi secara berlebihan, pada jangka waktu yang lama dan tidak tepat dalam pemanfaatannya. Pada artikel lain, manfaat.co.id kembali melansir informasi tentang lidah buaya namun terfokus pada efek sampingnya. Pada sebagian orang, lidah buaya dapat menyebabkan alergi berupa iritasi pada kulit, rasa gatal, kram, hingga diare. Pada jangka waktu konsumsi yang lama, lidah buaya juga dapat menyebabkan kanker kololektar. Selain itu, lidah buaya juga dapat menyebabkan turunnya gula darah dengan drastis sehingga harus dilakukan konsultasi pada ahlinya bila ingin mengonsumsi lidah buaya, khususnya bagi penderita diabetes. Ibu hamil dan penderita hiperkolesterol juga perlu waspada terhadap konsumsi lidah buaya. Pada tingkat paling para, lidah buaya yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan overdosis hingga kematian.

Ragam Olahan Lidah Buaya

Melihat begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh dari lidah buaya, kini berbagai sajian berbahan dasar lidah buaya banyak bermunculan. Untuk minuman, lidah buaya dapat dioleh menjadi jus, es sirup, es mambo, teh, dawet, atau cendol, sedangkan jenis makanan dari lidah buaya antara lain kue bolu, permen, keripik, manisan, puding, selai, dodol, nata, serta kerupuk. Wah banyak sekali ragam olahan lidah buaya, ya. Semakin banyak pilihan dan alternatif untuk mengolah dan memanfaatkan lidah buaya, nih! Sumber resep-resep olahan lidah buaya saya sertakan pada akhir tulisan ini.

Es Sirup Lidah Buaya

Suatu hari, mama dan saya berinisiatif mengolah lidah buaya yang semakin banyak tumbuh di halaman rumah. Kami memutuskan untuk membuat es sirup lidah buaya karena proses pembuatannya yang relatif mudah dan cepat. Plus karena -saat itu, sudah lama sekali sebelum akhirnya tulisan ini terbit, hehe- cuaca panas, jadilah kami merasa es sirup lidah buaya akan menjadi olahan yang tepat. Nah tanpa berpanjang kalam (lagi), berikut adalah prosedur pembuatan es sirup lidah buaya ala mama dan saya.

Bahan:

  1. Lidah buaya
  2. Air
  3. Sirup
  4. Es batu

Alat:

  1. Pisau
  2. Panci
  3. Wadah (baskom atau teko)

Cara membuat:

  1. Kupas lidah buaya, sisakan gel nya
  2. Cuci bersih lidah buaya, potong dadu
  3. Rebus air hingga mendidih, matikan kompor
  4. Masukkan lidah buaya yang telah dipotong ke dalam air mendidih, diamkan beberapa saat hingga lendirnya hilang. Bisa juga lidah buaya direbus sebentar agar lendirnya benar-benar hilang
  5. Tiriskan lidah buaya
  6. Buat campuran sirup di wadah
  7. Masukkan lidah buaya
  8. Tambahkan es batu, atau masukkan ke dalam kulkas, tunggu hingga dingin
  9. Es sirup lidah buaya siap dinikmati.
Langkah 1

Langkah 2
Langkah 3

Langkah 4, dst

Es Sirup Lidah Buaya


Sumber:
http://manfaat.co.id/manfaat-lidah-buaya
http://manfaat.co/efek-samping-lidah-buaya-bagi-kesehatan.html
https://damayantiluh.wordpress.com/2012/10/16/jenis-olahan-lidah-buaya/
http://terupdatedanterbaru.blogspot.com/2014/01/kumpulan-resep-cemilan-sehat-dari-lidah.html
http://pontianak.tribunnews.com/2014/01/12/tanti-guntari-tunjukkan-gurihnya-bisnis-olahan-lidah-buaya?page=3

2 comments:

  1. belum pernah nyoba karena g terlalu kuat dengan baunya, paling hanya untuk rambut, nggak berani coba sampai di minum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya suka geli sama lendirnya Mak, hehe. Biar aman utk pemakaian luar aja deh yaaa, utk rambut :) Salam kenal Mak...

      Delete