Tuesday 27 December 2016

Review "The Professionals"

Salah satu rencana saya & suami mengisis liburan akhir tahun ini adalah nonton. Kami memang kerap menonton di bioskop, terutama untuk film-film yang sedang booming atau sudah lama kami tunggu. Pada liburan ini, suami menetapkan The Professionals sebagai film untuk kami tonton di bioskop. 

Awalnya, saya bersikap kurang antusias karna merasa film drama Indonesia masih kurang gregetnya dan cenderung mudah ditebak alurnya. Namun biasanya suami tidak sembarangan memilih, nah bila ia telah menentukan maka hampir selalu film yang dipilih benar-benar seru. Jadi saya coba untuk menikmati. Berikut saya paparkan sekilas jalan cerita & kesan saya terhadap film ini.

Diambil dari sini
The Professionals bercerita tentang teman dalam bisnis - Abi, Reza dan Nicole - yang membangun sebuah perusahaan bersama. Demi berkembangnya bisnis tersebut, Reza merugikan pihak-pihak yang bekejasama dengannya. Bahkan dengan sifat perfeksionis dan liciknya, Reza mengorbankan Abi demi kekuasaan dalam kerajaan bisnisnya hingga Abi mendekam di penjara.

Sekeluarnya dari penjara, Abi tidak tinggal diam. Walapun tidak lagi memiliki kuasa di perusahaan yang dibangunnya dan terkesan santai, ia ternyata penuh perhitungan dalam menyusun pembalasan bagi Reza. Dibantu orang-orang terpercaya yang juga dikecewakan oleh Reza, Abi menyusun dan menjalankan strateginya untuk menjatuhkan Reza dengan cara mengambil dongle yang dapat membuka seluruh rahasia Reza & perusahaan. Namun usaha Abi cs terbentur keamanan kantor Reza yang begitu ketat sehingga mereka kesulitan untuk menemukan dongle yang dibutuhkan. Dengan tekad kuat untuk membalaskan dendam pada Reza, Abi dan rekan-rekannya terus mencari cara untuk mendapat petunjuk tenang dongle itu.
Mengangkat genre drama - yaa walaupun ada action2nyaaa - film besutan sutradara Affandi Abdul Rachman ini memiliki ide cerita yang cukup unik dan fresh. Secara umum, alur ceritanya mudah dipahami. Namun di beberapa bagian ada cerita yang kurang lengkap, sehingga alurnya menjadi kurang smooth.

Para pemain film ini adalah aktor profesional yang tak diragukan kemampuan aktingnya. Sebut saja beberapa nama seperti Fachri Albar (Abi), Arifin Putra (Reza), Imelda Therinne (Nicole), serta Lukman Sardi (Cokro, rekan Abi) yang sudah malang melintang di dunia perfilman. Akting mereka beradu menciptakan kesan yang apik dan menarik dalam film ini.

Meskipun ada kemiripan tema dengan film-film Hollywood, film ini tetap melakukan penyesuaian dalam alur ceritanya agar terkesan lebih Indonesia. Menyasar penonton dengan usia 17 tahun ke atas, film ini menampilkan adegan laga dalam beberapa scene. Adegan tersebut menurut saya tidaklah semengerikan film lain karena bersih dari berdarah-darah apalagi pembunuhan. Hal ini lebih cocok dengan budaya negeri kita, walaupun adegan-adegan pemacu adrenalin tersebut terkesan jadi kurang greget.

Dengan tema yang cukup beda dibanding film drama lain di Indonesia, The Professionals bisa jadi pilihan menarik untuk para penyuka film dengan adegan laga. Dibalik segala kekurangan yang masih ada, apresiasi bagi insan film dalam negeri atas karyanya ini yang menambah keragaman warna film Indonesia.

*Sinopsis lengkap film ini bisa dibaca di sini.

No comments:

Post a Comment