Saturday 14 July 2018

Menyambut Tahun Ajaran Baru

Lusa adalah hari pertama masuk sekolah tahun pelajaran 2018/2019. Ada sekolah yang baru akan melaksanakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah, ada pula yang sudah bersiap dengan kegiatan belajar mengajar. Sekolah tempat saya mengajar lebih awal melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah, jadi senin esok siap menyambut siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Dicopy dan edit dari sini
Menyambut tahun ajaran baru, pastilah butuh persiapan khusus. Tidak hanya siswa, guru juga harus menyiapkan banyak hal. Kalau siswa lebih ke persiapan teknis seperti kelengkapan buku-buku, atk, jadwal pelajaran, seragam, dll; persiapan guru mencakup hal yang lebih luas. Karna proses belajar mengajar setahun yang akan datang bergantung dari persiapan yang matang dari sekolah dan guru.

Saya dan teman-teman guru sudah 2 pekan lalu memulai berbagai persiapan; ini diantaranya. 

Menyiapkan Semangat Baru


Bukan cuma siswa dong yang semangat berangkat ke sekolah lagi, guru juga wajib menyiapkan semangat baru dalam menyambut tahun ajaran baru. Sepanjang tahun yang baru pasti akan ada hal-hal yang berbeda dari tahun sebelumnya kan, jadi pasti lah akan timbul semangat baru. Melihat wajah-wajah baru di kelas, mengampu pelajaran baru atau dapat seragam baru bisa memantik semangat baru, loh hahaha. Semangat baru dari guru insya Allah akan menular pada siswa, sehingga akan terbawa semangat dan motivasi baru dalam menjalani kegiatan belajar mengajar.

Menjelang akhir liburan kemarin misalnya, saya menggali cerita inspiratif dari buku dan blog guru-guru. Alhasil ada secercah harapan baru dan rasa optimis saya untuk menyambut tahun ajaran baru sebelum bertemu para siswa.

Menyusun Perangkat Mengajar


Pastinya, alat perang bagi setiap guru ini wajib disiapkan sebelum melangkah ke dalam kelas. Sekolah juga biasanya membuat jadwal pengumpulan dan pengecekan perangkat mengajar sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Wajar dong yah, namanya orang mau 'berperang' ya segala persiapan harus matang. Jangan sampai kita masuk kelas bertemu siswa dengan wajah bingung karna minimnya persiapan.

Mengkondisikan Meja Kerja


Kalau ini mungkin terkhusus buat saya yaaa. Entah kenapa kalau lihat meja kerja yang lapang dengan sedikit barang di atasnya bisa membuat saya lebih semangat. Lain halnya dong kalau lihat meja penuh tumpukan kertas, dokumen, atau buku siswa; bawaannya jadi sumpek yaa kaaan dan akhirnya terbawa malas deh. Nah di awal tahun ajaran baru begini pasti lah semua guru juga akan beberes meja atau lokernya. Menyimpan dokumen-dokumen tahun sebelumnya agar tersedia tempat yang cukup untuk dokumen yang baru. 

Berkenalan dengan Orang Tua Siswa


Bertemu siswa baru, lengkap dengan orang tuanya yang menjadi kenalan baru untuk para guru. Kegiatan perkenalan dengan orang tua siswa bisa menjadi ajang sosialisasi program kerja sekolah agar orang tua dan sekolah memiliki pandangan yang sama tentang proses belajar mengajar putra-purinya di sekolah. Bertukar nomor kontak pun penting dilakukan terutama oleh wali kelas atau guru bidang studi untuk menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua.

Kegiatan 'berkenalan' dengan ortu siswa di sekolah saya

Itulah poin-poin persiapan yang biasa saya lalui untuk menyambut tahun ajaran baru. Siswa baru, kelas baru, jadwal baru, tugas baru yang akan dijalani selama setahun ke depan butuh persiapan yang matang. Bila sekiranya ada kesulitan, diskusi dengan sesama guru dan orang tua siswa bisa dilakukan agar kesiapan menyambut tahun ajaran baru bisa maksimal.

Selamat dan semangat menyambut tahun ajaran baru. Semoga proses belajar mengajar yang sudah di depan mata ini bisa selalu dimudahkan dan hasilnya sesuai harapan, aamiin.

Ada ide persiapan lain kah kawan? :)

2 comments: