Friday 25 January 2013

Speech Maker

Media pembelajaran menjadi salah satu 'senjata' guru dalam menjelaskan materi pelajaran, sehingga siswa dapat mengetahui & memahami secara nyata materi yang sedang dibahas melalui benda/sumber nyata.

Dalam pengajaran Bahasa Inggris, sesungguhnya banyak media yang dapat digunakan. Khususnya media rekaman untuk mendukung pembelajaran kemampuan mendengarkan (listening skill) dapat diperoleh dari berbagai situs, seperti YouTube, Randall's ESL Cyber Listening Lab, atau English Study and Learning Materials. Namun, terkadang media rekaman yang ada kurang sesuai dengan yang diinginkan oleh guru (seperti yang sering saya alami). Nah, beberapa waktu lalu saya mendapat sebuah solusi untuk mengatasi tantangan tersebut, yakni dengan aplikasi Text to Speech Maker.

Text to Speech Maker merupakan sebuah aplikasi pengubah teks menjadi suara. Aplikasi ini mudah digunakan. Setelah terinstall, pengguna cukup menuliskan teks (dalam beberapa bahasa, namun yang sudah saya coba adalah teks dalam bahasa Inggris) yang kemudian dapat diubah menjadi suara. Rekaman suara dari teks tersebut juga dapat disimpan dalam bentuk MP3 dan semacamnya. Selain itu, teks yang ditulis pun dapat disimpan sehingga dapat dibuka kembali pada waktu lain.
Tampilan Awal Text to Speech Maker


Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis (cari saja di mbah Google)... Tapi, versi gratis ini hanya dapat digunakan untuk 'membaca' teks sebanyak 300 karakter. Untuk fungsi lain dapat diaktifkan jika pengguna membeli softwarenya secara sah. Setidaknya, aplikasi ini cukup membantu jika belum menemukan rekaman yang 'pas'.

No comments:

Post a Comment