Wednesday 11 March 2020

Menutup Polis Asuransi? Begini Caranya

2015 lalu adalah awal saya didaftarkan suami dalam asuransi, Prudential. Kami terdaftar sebagai nasabah untuk asuransi kesehatan, dengan premi Rp. 350.000 per bulan. Dari awal diniatkan untuk nabung sih, karna Alhamdulillah kami tidak pernah menderita sakit berat. In case ada pengobatan yang diperlukan, bisa untuk cadangan juga.

Akhir tahun lalu setelah diskusi panjang, saya dan suami sepakat menutup polis asuransi kami. Iya betul, kami sudah bulat tekadnya untuk berhenti dari Prudential. Dan Alhamdulillah terealisasi lah di awal tahun 2020 ini.

Dalam prosesnya kami sangat terbantu dengan pelayanan dari Prudential, karna tidak ada birokrasi yang sulit dan pegawainya melayani dengan ramah.

Sumber dari sepulsa.com

Informasi dari Agen

Sebelum menuju kantor cabang Prudential, kami mencari informasi dari agen kami dulu. Idealnya, kami hanya menyampaikan maksud dan persyaratan yang dibutuhkan ke agen, dan agen lah yang akan mengurus proses ini ke kantor Prudential.

Saat dihubungi, agen kami ternyata sedang dalam proses pemulihan dari sakit yang dideritanya, dan tidak bisa mengurus keperluan kami. Beliau hanya memberikan referensi pihak Prudential yang bisa kami hubungi di kantor cabang terdekat. Selain itu, beliau menyampaikan persyaratan yang perlu disiapkan: 
  • buku polis
  • fotocopy KTP pemegang polis
  • fotocopy rekening (untuk keperluan transfer dana simpanan)

Pengurusan di Kantor Prudential

Kantor Prudential Cabang Tambun berada di kawasan Grand Wisata, Tambun Selatan. Kantor ini buka dari Senin s.d. Sabtu. Namun di akhir tahun kemarin, kantor ini tutup selama libur Natal dan Tahun Baru. Buka kembali pada 6 Januari lalu.

Sampai di kantor tersebut, kami menuju front office dan menyatakan maksud untuk penutupan polis. Tak lupa kami menceritakan pesan dari agen kami untuk bertemu dengan salah 1 agen di sana.

Sambil menunggu, petugas di front office meminta KTP dan menginput data kami. Lalu tercetaklah surat pernyataan penutupan polis kami.

Tibalah agen yang kami tuju. Beliau hanya sekali memastikan apa kami benar-benar ingin menutup polis? Sudah yakin kah dengan jumlah dana yang akan kami terima (hanya sekitar 50%)?

Tanpa berpanjang kalam dan usaha berlebih untuk mencegah niat kami menutup polis, beliau melengkapi data kami di form penutupan polis.

Kami menandatangani form tersebut. Lalu menyerahkan fotocopy rekening dan buku polis. Untuk kartu asuransi tidak perlu diberikan.

Pada agen tersebut kami bisa meminta penjelasan tentang kisaran jumlah dana yang akan diterima, dan ternyata sesuai dengan yang kami dapat.

Pencairan Dana

Pihak agen menjelaskan bahwa masa tunggu pencairan dana adalah maksimal 14 hari kerja, bisa lebih cepat dari itu. Pastikan nomor rekening yang tercantum di fotocopy yang kita berikan sudah benar ya. 

Masa tunggu pencairan dana kami kemarin sekitar 9 hari kerja. Dana langsung ditransfer ke rekening. Dan kami tidak perlu melakukan konfirmasi apapun ke kantor cabang ataupun agen selama masa tunggu dan setelah pencairan dana tersebut.

Dengan masuknya dana ke rekening kami, maka resmi lah kami menutup polis dan terlepas dari Prudential.



Demikian. Semoga informasi ini bermanfaat :)


No comments:

Post a Comment