Sunday 1 December 2013

(Bukan) Pemimpin pun Harus Belajar

Menjadi pemimpin (mungkin) adalah sebuah impian bagi sebagian orang. Bila sering kita temui banyak orang belajar untuk menjadi pemimpin, pernahkah kita temukan orang yang belajar untuk menjadi seorang yang dipimpin? Yak, tulisan ini akan sedikit membahas apa yang bisa dipelajari oleh orang-orang yang dipimpin.

  • Bila pemimpin harus belajar meredam emosi negatif dari dirinya saat membuat keputusan, yang dipimpin pun harus belajar meredam ego yang mereka miliki.
  • Belajar menghargai keputusan pimpinan walau tidak sesuai kehendak. Hal ini harus dilakukan semata-mata demi kemaslahatan bersama.
  • Belajar memberikan solusi terbaik, bukan sekedar kritik atau protes semata.
  • Belajar memberikan kritikan yang cemerlang dengan cara yang santun.
  • Belajar membaca situasi dan kebutuhan lain yang diperlukan guna mem-back up kekurangan sang pemimpin.
  • Belajar kompak dan kosisten untuk mendukung pemimpin.
Nah, bila poin-poin di atas dapat kita (sebagai orang yang dipimpin) pahami dan lakukan dengan baik sehingga menjadi sebuah kebiasaan berjamaah yang positif, maka suatu saat kita yang bertukar posisi menjadi sang pemimpin, insya Allah kita (sebagai pemimpin) bisa lebih dekat dengan mereka yang kita pimpin.

Terakhir, dua quote yang menarik (masing-masing untuk pemimpin & yang dipimpin) adalah:

Pemimpin itu ada karena ada yang dipimpin. (@divi_96)

Daaaannnn . . . .

Sejelek-jeleknya pemimpin kita, tetap saja dia punya kelebihan. Buktinya dia jadi pemimpin. Kalau kita mau tumbuh, belajarlah darinya. (@ipphoright)

Kesimpulannya, belajar adalah hakikat manusia, yang harus selalu dilakukan baik oleh pemimpin maupun yang dipimpin. Jangan merasa rendah diri bila kita bukan yang terpilih menjadi pemimpin, mungkin kita belum siap menanggung amanah yang berat. Tanpa menjadi pemimpin dari atau dalam sebuah kepengurusan (yang kecil maupun besar), setiap kita sesungguhnya adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Sekian dan selamat malam!

 ~ Thanks to Mr. DA for his great advice. Those written above were stated by him and
I posted them here to give benefits for me and other people. ~

*This is exactly the same with this post*

No comments:

Post a Comment